7 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur, Wajib Kamu Coba

7 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur, Wajib Kamu Coba - Selain memiliki spot wisata dan budaya yang sangat mengagumkan, Nusa Tenggara Timur memiliki aneka kuliner yang enak-enak. Makanan yang paling terkenal yakni Se’i Daging Babi Asap, namun kini sudah banyak Se’i Daging Sapi Asap.

kuliner khas nusa tenggara timur picture

Selain itu kuliner yang terkenal lainnya yakni kolo atau nasi bakar, dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda yang ingin jalan-jalan ke Nusa Tenggara Timur jang lupa mencicipi makanan khasnya. Dibawah ini ada beberapa makanan khas NTT yakni:

Kolo

Kolo atau nasi bakar merupakan makanan khas yang dimasak dengan menggunakan bamboo. Nasi bakar ini menggunakan bambu sepanjang 30 sentimeter, dengan berisi beras, air dan bumbu masakan dimasukkan kedalam bambu.

Jagung Catemak

Jagung Catemak salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur dan biasanya menjadi makanan penutup yang terbuat dari jagung, labu lilin, dan kacang hijau yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa.

Jagung Bose

Jagung Bose merupakan makanan pokok pengganti nasi. Jagung bose hanya dibuat dari jagung putih, dan jagung yang di-bose-kan atau dilunakkan. Jagung bose dimasak dengan kacang merah agar tambah nikmat. Proses memasaknya membutuhkan waktu cukup lama.

Se’i, Daging Sapi Asap

Se’i, Daging Sapi Asap merupakan salah satu makanan yang paling populer di NTT. Se’i, Daging Sapi Asap salah satu Se’i daging halal yang ada di NTT, biasanya masyarakat NTT membuat Se’i, Daging Babi Asap. Kata se’i berasal dari bahasa Pulau Rote yang berarti daging tipis dan daging se’i sepintas memang mirip daging asap (smoked beef).

Sambal Ikan Teri

Sambal ikan teri salah satu makanan khas dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Kini banyak orang yang memiliki jiwa pebisnis, sehingga sambal ikan teri banyak diperjualbelikan.

Ikan Kuah Belimbing

Ikan Kuah Belimbing merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur. Ikan kuah belimbing memiliki rasa pedas dan asam namun segar. Rasa asam karena belimbing wuluh yang dicampurkan pada kuah yang sedang dimasak.

Tumis Bunga Pepaya

Tumis Bunga Pepaya memang favorit masyarakat NTT. Makanan ini berbahan dasar bunga pepaya di NTT, biasanya makanan ini bisa di temukan di warung-warung makanan bahkan ada juga di restauran.

Sayuran Rumpu Rampe

Sayuran ini mirip seperti Tumis Bunga Pepaya. Dan sayuran ini merupakan sayuran bunga Pepaya yang ditambahkan dengan daun Pepaya muda yang diiris tipis-tipis. Rasanya sangat khas yakni rasa pahit dari daun Pepaya serta pedasnya cabe merah dan cabe rawit.
BACA JUGA: Cara Membuat Pecel Ayam Pitik Sederhana

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Kuliner Khas Nusa Tenggara Timur, Wajib Kamu Coba